Teknik Animasi

Teknik animasi telah berkembang pesat dari awalnya berupa animasi tradisional yang menggunakan bahan dasar gambar buatan artis juru gambar (freehand drawing) hingga ke animasi komputer yang keseluruhan prosesnya dikerjakan pada sebuah komputer. Dalam perkembangannya, dikenal sejumlah teknik animasi misalnya stop motion (dengan menggabungkan frame demi frame hasil fotografi terhadap obyek yang sudah dirubah kondisinya per frame tersebut), clay animation (juga menggunakan metode stop motion, tapi dengan obyek sejenis tanah liat yang mudah dibentuk), puppet animation (menggunakan metode stop motion, tapi menggunakan sejenis obyek boneka), cutout animation (menggunakan potongan kertas atau kain).

Seperti halnya teknik stop motion, animasi komputer meliputi sejumlah teknik namun semuanya menggunakan komputer sebagai pembuat gambar.

Pada animasi 2D, gambar obyek dibuat dan/atau di-edit oleh komputer menggunakan program grafis berbasis raster grafis atau vektor grafis. Sejumlah konsep animasi tradisional dipakai disini seperti keyframe, tweening, morphing dan onion skinning. Beberapa contoh program yang memiliki fitur animasi 2D ialah Flash, Director, Corel Rave, Image Ready, Swish, Power Point.

Pada animasi 3D, sebuah obyek dibuat secara digital berupa obyek 3D yang memiliki rumusan geometri matematis tertentu, dan di-animasi dengan menggunakan sejumlah metode, misalnya standar tradisional keyframe animation, simulasi fisika, motion capture, rigging, dll.

Motion Graphic Animation ditujukan untuk jenis animasi komputer yang menggabungkan elemen-elemen grafis 2D, misalnya gambar dan teks. Animasi slide show ialah sebutan yang khusus ditujukan bagi animasi yang menggunakan slide-slide gambar/foto yang di-animasi dengan menggunakan template animasi khusus yang telah ada pada sebuah software yang khusus untuk itu. Animasi teksakan dijelaskan secara khusus mengingat keistimewaannya sebagai elemen grafis penting dan menjadi modul animasi khusus sebuah software grafis terkemuka.Animasi partikel, meskipun juga merupakan modul khusus pada kebanyakan program animasi 3D, namun disini dibahas sebagai animasi instan sebuah program 2D yang khusus menyediakan fitur tersebut. Sedangkan animasi karakter ialah bagian dari animasi 3D yang menggunakan sistem rangka/skeleton untuk menggerakan mesh sebagai “kulit” yang membungkus makhluk hidup seperti manusia dan hewan.

Bagi para pemula yang ingin memulai proyek sederhana animasi, sejumlah proyek animasi menggunakan Adobe Image Ready ini bagus diikuti untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang prinsip-prinsip animasi.

Lingkup Kerja Produksi Animasi

Job desc Anda dalam tugas2 animasi yang berkaitan dengan Home Video production :

– Mendefinisikan keperluan animasi dalam produksi video Anda. Ada bbrp keperluan yang biasa :

– Opening/bumper

– closing

– flying logo

– third lower titel

– transition

– visualisasi

– Membuat desain, mulai dari sinopsis ke storyboard, Anda bisa menyebut spek teknis disini, termasuk rencana penggunaan software.

– Mengumpulkan bahan-bahan, mungkin perlu kegiatan image editing dulu.

– Membuat layout di video editing

– Membuat animasi, dan ekspor ke format ybs.

Animasi Intro

Animasi dipergunakan untuk mempertegas pesan dan kesan komunikasi yang hendak disampaikan dalam sebuah produk video. Bahkan pada kebutuhan tertentu, misalnya komu- nikasi dengan kanak-kanak atau komunikasi keluarga, penggunaananimasi kartun terbukti jauh lebih efektif daripada live shooting. Sedangkan animasi 3D dan motion grafis menjadi tayangan yang kita saksikan sehari-hari di televisi, menjadi pembuka (opening/bumper) acara-acara di televisi yang sudah memberi kesan awal dari materi program yang akan disajikan dalam tayangan tersebut.

Animasi ialah tampilan secara cepat serangkaian gambar suatu obyek sehingga menimbulkan kesan gerakan atau perubahan. Animasi merupakan semacam “ilusi penglihatan” yang dapat ditunjukkan melalui sejumlah demonstrasi sederhana. Misalnya pada sebuah “flip book” dimana pada suatu lembar sebuah buku ditempatkan sebuah gambar dengan posisi/gerakan tertentu dan pada lembar-lembar berikutnya ditempatkan gambar-gambar lain yang berurutan posisi/gerakannya, sehingga ketika lembar demi lembar buku tersebut dikibaskan maka akan terlihat ilusi gerakan obyek tersebut. Dengan berdasar pada ilusi penglihatan demikian, saat ini animasi secara intensif dikerjakan pada komputer untuk sejumlah kegunaan terutama pada pembuatan film.

About isanzuhri

ikhsan al zuhri anak yang dilahirkan oleh kedua orangtuaku dan disekolahkan di harapan 1 school saya membuat blog ini untuk iseng aja dan mudah mudahan menambah pengetahuan yang melihat blog saya ini terima kasih

Posted on 11 Januari 2012, in animasi, Tak terkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: