Tips Liburan ke Bali ala Backpacker

Bali….,,
Siapa sih yang tidak kenal Bali? Salah satu pulau terindah yang dimiliki Indonesia. Bahkan Bali salah satu pulau yang terbaik di dunia. Tak heran bila Bali menjadi tujuan liburan banyak orang.

Well,
Saya ingin berbagi tips bagaimana liburan yang hemat ke Bali ala backpacker (menurut pengalaman pribadi saya). Pertama saya akan bahas akses menuju pulau Bali. Kita ambil patokan saja berangkat dari barat pulau Bali (Malang). Bila anda berangkat dari kota Malang, anda bisa memilih transport sesuai kantong anda. Bus? Kereta? Travel? Oke saya bahas satu satu. Pertama kita bahas tentang Bus.
Dari terminal Arjosari biasa nya bus ke bali standby dari pukul 16.00 WIB dan akan berangkat pukul 18.00 WIB  – 19.00 WIB. Carilah bus yang paling murah. Dari pengalaman, saya dapat paling murah Rp. 80.000,-. Tetapi bila anda teliti dan cermat dalam memilih bus anda bisa dapat bus dengan harga Rp. 70.000,- sampai dengan Rp 75.000,-. Kedua saya bahas tentang Kereta. Anda bisa memilih kereta Tawang Alun yang berangkat dari stasiun Kota Lama pada pukul 14.20 WIB dan pukul 14.30 WIB di Stasiun Kota Baru (Malang) dengan harga Rp. 18.500. Turunlah di stasiun terakhir Banyuwangi yaitu Stasiun Ketapang (biasanya sampai di stasiun Ketapang pukul 22.15 WIB – 22.30 WIB). Dari stasiun Ketapang anda cukup berjalan kaki keluar dari stasiun menuju pelabuhan Ketapang. Perjalanan akan anda lanjutkan dengan menaiki Ferry seharga Rp. 5.500. Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk anda bisa menawar bus bus patas yang ingin ke bali dengan range harga dari Rp. 25.000 – Rp. 40.000. Untuk dapat bus yang lebih murah anda bisa menginap dulu di pelabuhan dan menunggu pagi hari, karena biasanya bus bus ekonomi baru beroperasi pagi hari. Harga yang di tawarkan bus bus ekonomi cukup bervariasi. Semua tergantung bagaimana kita melakukan tawar menawar dengan kernet bus (tentu sebelum kita naik bus). Range harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000 – Rp 25.000. Bila tujuan anda Kuta Bali, saya sarankan anda untuk keluar dulu dari terminal, tanyakan pada orang orang di luar terminal akses murah (angkot) menuju Kuta. Dulu saya 2 kali transport utuk bisa sampai Kuta. Karena memang tidak ada angkot yang mengantar langsung ke Kuta. Biasanya saya naik angkot dari depan terminal, di suatu tempat yang saya lupa namanya, kita akan diturunkan untuk selanjutnya berganti angkutan menggunakan “Kol”. Sesampainya anda di Kuta sebaiknya anda yangsung menuju Poppies Land untuk mencari cari penginapan murah. Di Poppies Land terdapat banyak sekali penginapan. Dari yang murah sampai yang mahal. Kalau anda kebingungan mencari, saya bisa rekomendasikan anda ke Poppies I di gang Surga. Di sana ada salah satu penginapan dengan harga Rp 50.000 per malam dan bisa lebih murah bila kita pintar bicara dengan penjaga penginapan tersebut, karena saya dapet Rp. 40.000 per malamnya.

Transport?
Oke saya akan bahas transportasi di Bali. Untuk lebih menghemat pengeluaran, saya sarankan anda menyewa kendaraan yang banyak tersedia di pinggir jalan di daerah Poppies Lane. Range harga nya kisaran Rp. 35.000 – Rp 50.000 per hari. Sama seperti penginapan, berusahalah menawar sebelum deal, biasanya mereka akan memberi keringanan bila anda menyewa dalam waktu lama (3 hari – 1 minggu). Atau bila anda tidak tau jalan di Bali, anda bisa menyewa mobil + supir untuk mengantar anda ke tempat tempat menarik di Bali.

Tempat Menarik?
Pantai
Sudah pasti banyak sekali, kita mulai dari pantai. Kuta, Sanur, Nusa Dua, Tanjung Benoa, Jimbaran, Tanah Lot, Dreamland, Seminyak, Legian, Padang Bai, Padang-Padang, Uluwatu, Blue Point, Lovina dan masih banyak pantai lainnya. Bila anda bingung saya bisa rekomendasikan beberapa pantai yang wajib di kunjungi antara lain Sanur (Sunrise), Kuta (Sunset),  Dreamland (Sunset), Blue Point (Sunset). Bila anda suka dengan permainan di sekitar pantai anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Benoa. Di sana terdapat banyak macam permainan yang di sajikan dari banana boat sampai diving.

Budaya
Untuk budaya, anda saya rekomendasikan untuk ke GWK atau ke Uluwatu. Karena di sana ada pementasan tari khas Bali yaitu tari Kecak. Dan bila anda ingin menikmati suasana pedesaan khas Bali, sebaiknya desa Ubud jangan anda lewatkan. Jangan lupa untuk berkunjung ke Pure Besakih dan Renon untuk melihat Pure indah di Bali. Dan jangan ketinggalan untuk menikmati danau Bratan yang indah di Bedugul Bali.

Gunung
Tidak hanya panasnya sengat matahari di pantai yang bisa anda nikmati, akan tetapi sejuknya hawa pegunungan juga bisa anda nikmati di daerah Kintamani. Di Kintamani anda akan disuguhi pemandangan gunung Kintamani dan danau. Atau kalau anda seorang yang suka mendaki gunung, gunung Agung dan gunung Batur bisa menjadi pilihan anda.

Tips :
Sedikit tips backpackeran ke bali
Bus : Malang (Arjosari) – Bali (Ubung) = Rp. 70.000 – Rp. 100.000
Ngecer : Malang (St. Kota lama) – Banyuwangi (Ketapang) – Gilimanuk – Bali (Ubung) = Rp. 18.500 + Rp 5.500 + Rp. 20.000 = Rp. 44.000,-
Penginapan di Poppies Lane Kuta : Rp. 40.000 – Rp. 300.000

About isanzuhri

ikhsan al zuhri anak yang dilahirkan oleh kedua orangtuaku dan disekolahkan di harapan 1 school saya membuat blog ini untuk iseng aja dan mudah mudahan menambah pengetahuan yang melihat blog saya ini terima kasih

Posted on 12 Januari 2012, in Travel and backpacker. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

