This My animation

 

 

 

 

 

Latar belakang

 

 

 

 

Di Indonesia terdapat berbagai macam cerita menarik yang bisa diangkat untuk dijadikan sebuah karya film yang salah satunya berjenis animasi. Misalnya cerita fiktif dari jawa barat salah satunya adalah Si Kabayan. Sikabayan merupakan sosok yang jenaka dan humoris, dia pun memliliki banyak akal dalam menyelesaikan masalahn yang dihadapinya walau terkesan konyol.

Sayangnya karakter ini sudah jarang diceritakan kembali kepada generasi muda yang notabene merupakan penerus tradisi budaya. Maka dalam kesempatan pengerjaan Animasi yang ditujukan untuk memenuhi tugas praktek mata kuliah Animasi 2D mampu menyampaikan cerita Si Kabayan kepada generasi muda.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan menguraikan proses apa saja dalam pembuatan “Si Kabayan” dari awal hingga akhir yang meliputi Ide cerita, Referensi, Studi Karakter, Background, Property, Storyline, Storyboard hingga Penjealsan karya.

Ide cerita

Ide cerita dalam animasi 2D merupakan adopsi dari cerita fiktif jawa barat yang mengambil dari kisah Si Kabayan. Kisah yang diangkat pada amimasi Si Kabayan ini diambil ketika Ia bertemu oleh seorang profesor dalam sebuah perjalanan. Animasi ini menceritakan tentang Kabayan Versus Profesor yang mana awalnya kabayan ingin pulang ke kampungnya dengan menggunakan kereta , lalu si kabayan pun mendapatkan teman perjalanannya yaitu profesor .

Di awal pertemuan mereka keadaan sangat canggung , lalu pun profesor mengajak bicara Si Kabayan dan menawarkan bermain tebak tebakan , yang mana jika kabayan berhasil menjawab pertanyaan profesor ,maka si profesor akan memberi uang 50 ribu , dan jika kabayan tidak bisa menjawab pertanyaan profesor maka ia akan membayar profesor 5 ribu . Dan berlaku kebalikannya .

Akankah  kabayan mampu menjawab pertanyaan sang profesor ?

Target Sasaran

Animasi ini bisa dinikmati oleh segala kalangan. tak ada batasan usia gender atau pun ras.

Pesan

Pesan yang disampaikan dalam animasi ini adalah humor

Referensi

Sumber referensi yang didapat untuk membuat animasi ini bersumber dari vimeo.com . Karya karyanya antara lain :

]

Studi Karakter

Kabayan

Kabayan merupakan sosok yang jenaka dan identik dengan sifat

malasnya. Namun di suatu kondisi yang akan menguntungkan dirinya

dia mampu memutar otaknya dan menguntungkan dirinya ciri fisiknya

kurus dan senang berpakaian daerah khas sunda.

Professor

Professor merupakan sosok yang pintar , jenius , dan perfeksionis . Dari semua hal yang akan di dengarnya dia harus mendapatkan fakta dan realitanya , tidak menerima suatu hal yang mustahil maupun tak masuk di akal . Ciri fisiknya Gendut , memilik rambut yang botak ditengah dan berpakaian rapiih khas layaknya professor.

Background Property

Cerita animasi ini memiliki dua setting yang berbeda yaitu;

Exterior

exterior , dimana setting exterior ialah mencakup persawahan di perjalanan dari awal hingga akhir cerita animasi ini.

  1. Interior

Sedangkan yang memiliki setting interior , menggambarkan keadaan di dalam gerbong kereta api dimana kabayan dan professor berada.

Storyboard

 

About isanzuhri

ikhsan al zuhri anak yang dilahirkan oleh kedua orangtuaku dan disekolahkan di harapan 1 school saya membuat blog ini untuk iseng aja dan mudah mudahan menambah pengetahuan yang melihat blog saya ini terima kasih

Posted on 1 Juli 2013, in Tak terkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: